Chicken

Chicken

Post Page Advertisement [Top]



Sudah lama saya ingin berbagi cara memasak kacang tanah kecap yang lembut ini, yang dulu pernah sangat populer, menjadi makanan pembuka di kebanyakan restoran Cina. Dulu saya pikir sulit untuk membuatnya, makanya banyak teman-teman yang tidak mau susah payah, membeli yang kalengan saja. Ternyata sangat mudah membuatnya dan tidak ada rahasia, hanya perlu waktu yang panjang saja.

Pada umunya resep kacang ini menggunakan bubuk ngohiong (five spice) tapi saya hanya menggunakan bumbu utuh saja yang merupakan bumbu pokok ngohiong, karena saya suka kuah yang bersih dan rasanya pun tidak berbeda. Seperti masakan  apapun yang bukan kue, bumbu ini hanyalah panduan, kita bisa menambah, mengurangi atau berimprovisasi, untuk mendapatkan rasa yang anda inginkan. Yang paling pending adalah cara dan lama waktu memasak untuk mendapatkan tekstur yang tepat.

Kacang ini saya masak sebagai salah satu pelengkap hidangan "Bubur Taiwan" yang saya buat untuk teman-teman, mereka sangat menyukainya baik dari segi rasa maupun tekstur.

Kacang tanah segar mentah di Medan dapat di beli di pasar Kampung Keling (Jl Muara takus) dan juga pasar Beruang. Ukuran kacangnya tidak sebesar yang seperti di dalam kaleng, tapi tidak ada beda dalam rasa.

Bahan - Bahan / Ingredients

500 gr kacang tanah segar kupas
500 gr raw peanut

3 cm kayu manis
3 cm cinnamon

3 buah bunga lawang
3 star anise

3 - 4 cengkeh
3 - 4 cloves

4 siung bawang putih, memarkan
4 cloves garlic, bruised


1 sdm merica hitam utuh
1 tbsp whole black pepper corn

30 gr gula batu atau 3 sdm gula pasir ( atau secukupnya)
30 gr rock sugar or  3 tbsp granulated sugar (or to taste)

4 - 5 sdm kecap manis, atau secukupnya
4 - 5 tbsp sweet soy sauce or to taste

3 sdm kecap asin
3 tbsp light soy sauce

1 sdm jam jeruk atau kulit jeruk, optional
1 tbsp marmalade or orange peel, optional

1 sdm saus tiram (optional)
1 tbsp oyster sauce (optional)

garam secukupnya
salt to taste

1250 ml air, atau sampai air menutup kacang ditambah kira-kira 1 cm 
1250 ml water, or until enough water to cover the peanuts plus or plus 1 cm above 

Cara memasak / preparation

Masukkan semua bahan ke dalam panci presto, saya pakai presto listrik. Tekan tombol tendon/ bean. Setelah habis waktu memasak biasanya akan loncat ke tombol keep warm, biarkan selama 1 jam untuk mendapatkan tekstur yang lembut.
Jika menggunakan presto di kompor, masak 15 - 30 menit, tergantung jenis presto dan tekstur yang anda inginkan. Saya suka yang lembut sekali. (seperti kalau beli kalengan).
Bisa juga menggunakan panci biasa (tapi kalau bisa yang bawahnya tebal), masak dengan api kecil - sedang, selama 2 - 3 jam. Aduk sekali-sekali, tambahi air jika perlu.
Bisa dihidangkan hangat atau temperatur ruang, tapi untuk mendapatkan rasa yang maksimum biarkan beberapa jam atau lebih baik menginap sebelum dihidangkan.

Add all ingredients in a pressure cooker, I use the electric one. Press tendon / bean button. When the cooking time finish the button will change into keep warm. Leave for another 1 hour to get a soft texture
If you use conventional pressure cooker, cook for 15 - 30 minutes, dependent on the type of your pressure cooker as well as the desired texture.
You can use a slow cooker or heavy bottom pot. Cook on low - medium heat for 2 - 3 hours, stir occasionally and you may need to add some water, until you get the peanuts cook thru and achieve the texture you want it.

Serve warm or room temperature, to get the maximum taste and flavour, serve a few hours later or leave overnight.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib